Februari 26, 2024

Polres Ngawi Buka Gerai Vaksinasi Booster Di Kantor Desa Kedungprahu, 127 Warga Sukses Ikuti Vaksin

beritaterakurat.com, NGAWI – Ditandai melandainya konfirmasi Covid-19 pasca perayaan Idul Fitri 1443 H, Polres Ngawi tetap gencar membuka gerai vaksinasi Booster kepada warga masyarakat usia umum dan lansia di beberapa tempat tempat publik yang sering dikunjungi masyarakat.

Upaya percepatan vaksinasi tersebut dilakukan sebagai upaya Polres Ngawi dalam kontribusi mendukung kebijakan pemerintah mencapai target nasional dari Pandemi menuju Endemi dengan syarat terwujudnya Herd Immunity.

Dalam upaya pemenuhan herd immunity, Kali ini Polres Ngawi membuka gerai layanan vaksinasi Covid-19 dosis 1, 2, dandosis 3 (Booster) bagi masyarakat kelompok usia umum dan lansia di Pendopo Kantor Desa Kedungprahu, Kecamatan Padas, Kabupaten Ngawi, Jum’at (20/5).

Kapolsek Padas Iptu Iswahjoedi mengatakan, pihaknya sengaja memilih pendopo kantor Desa Kedungprahu karena tempatnya strategis berdekatan dengan pasar, sehingga mudah dijangkau pedagang ataupun pengunjung pasar Kedungprahu yang ingin mendapatkan vaksinasi Covid-19 dosis tiga (booster).

“Selain membuka layanan vaksinasi dosis tiga atau booster, kita juga melayani vaksinasi dosis pertama maupun dosis kedua bagi kelompok masyarakat usia umum hingga lansia,” ujar Iptu Iswahjoedi.

Lebih lanjut, Iptu Iswahjoedi mengatakan, pihaknya gencar melakukan percepatan vaksinasi kepada masyarakat, karena terbukti sangat efektif mencegah gejala berat dan kematian akibat Covid-19.

Selain itu menurut Iswahjoedi, dengan vaksinasi tersebut diharapkan dapat meningkatkan kekebalan tubuh artinya semakin banyak masyarakat yang divaksin dosis penuh (vaksinasi dosis 1, 2 dan 3), maka semakin sedikit penduduk yang rawan terkonfirmasi, maka semakin besar kemungkinan bisa mengendalikan varian baru Covid-19.

Tidak hanya itu, Kapolsek Padas menyebut, dengan vaksinasi juga dapat memperkuat dan mempertahankan kekebalan tubuh, sebab antibodi dalam tubuh yang terbentuk melalui vaksin pun lambat laun bisa menurun efektivitasnya.

Yang tidak kalah pentingnya, Iptu Iswahjoedi menambahkan, dengan vaksinasi dapat mempercepat peralihan dari masa pandemi menuju endemi, dimana untuk mewujudkan kemenangan melawan Covid-19 salah satu strategi yang tepat adalah pencapaian kekebalan kelompok melalui vaksinasi secara menyeluruh.

“Oleh karenanya kita buka gerai vaksin booster dilokasi lokasi keramaian dan mudah dijangkau oleh masyarakat seperti kantor desa Kedungprahu ini yang letaknya persis berhadapan dengan Pasar Kedungprahu,” jelas Kapolsek Padas.

Selain melaksanakan vaksinasi, Iptu Iswahjoedi mengungkap, pihaknya juga menyampaikan himbauan kepada pengunjung pasar dan peserta vaksin di kantor Desa Kedungprahu berkaitan dengan perubahan penerapan protokol kesehatan dalam penanganan pandemi Covid-19 yang semakin terkendali ini.

“Beberapa waktu lalu, Presiden Joko Widodo telah mengeluarkan kebijakan bahwa masyarakat diberi kelonggaran tidak menggunakan masker jika beraktivitas di luar ruangan atau area terbuka yang tidak padat orang, namun jika berada di ruang tertutup atau transportasi publik tetap harus menggunakan masker,” ucap Iptu Iswahjoedi.

Selanjutnya, Iptu Iswahjoedi menjelaskan, apabila masyarakat yang termasuk katagori rentan, lansia atau memiliki penyakit kormobit maka disarankan untuk tetap menggunakan masker saat beraktifitas, demikian juga bagi masyarakat yang mengalami gejala batu pilek maka disarankan untuk tetap menggunakan masker saat beraktifitas.

“Inilah bagian yang paling penting dalam penanganan pandemi Covid-19 ini, yaitu terwujudnya kekebalan kelompok masyarakat setelah mengikuti Vaksinasi dan berikutnya adalah ketaatan masyarakat dalam menjaga protokol kesehatan untuk terhindar dari penyebaran virus Covid-19, sehingga diharapkan masyarakat dalam beraktifitas tidak merasa takut atau khawatir terpapar,” tandasnya.

Layanan gerai vaksin ini mendatangkan tenaga vaksinator dari Seksi Kedokteran dan Kesehatan (Sidokkes) Polres Ngawi dengan penanggung jawab dr. Anis Hudawi Mars, didampingi Pamatwil Polres Ngawi AKP Agus Maryanto selaku Koordinator percepatan vaksinasi, sedangkan pengamanan dan pendampingan oleh Kapolsek Padas bersama jajarannya.

“Dari hasil vaksinasi, kita dapat menjangkau 129 orang, dan berhasil memvaksin 127 orang, untuk usia umum 103 orang dan lansia 24 orang, terdiri dari dosis 2 sebanyak 3 orang dan dosis 3 (booster) sebanyak 124 orang, sedang jenis vaksin yang digunakan adalah Moderna sebanyak 9 vial, untuk 2 orang ditunda pelaksanaan vaksinnya karena alasan kesehatan,” terang Kapolsek Padas Iptu Iswahjoedi. (Tk/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *