Juli 18, 2024

Plt Kalapas Kediri bersama Jajaran Gelar Rapat Strategi Persiapan KPPS TPS Khusus Lapas

Beritaterakurat.com, Kediri – Guna Sukseskan Penyelenggaraan Pemilu 2024, Plt Kalapas Kediri beserta Pejabat Struktural dampingi Rapat Panitia Persiapan KPPS TPS Lokasi Khusus Lapas Kediri Kanwil Kemenkumham Jawa Timur, Sabtu (3/2/24)

Pemandangan berbeda dari biasanya terlihat di Ruang Tamu Kantor Tata Usaha Lapas Kediri, beberapa pegawai tampak serius mendengarkan arahan dari Plt. Kapalas Kediri Budi Ruswanto.

Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Kediri terus berupaya bekerjasama dengan KPU Kota Kediri agar hak pilih Warga Binaan pada Pemilu 2024 bisa terpenuhi. Melihat dari jumlah DPT yang sudah ditetapkan oleh KPU Kota Kediri, Lapas Kediri memiliki 3 (tiga) TPS. Untuk 1 (satu) TPS diperlukan 7 (Tujuh) orang anggota KPPS termasuk Ketua KPPS nya sehingga ada 21 orang Pegawai Lapas Kediri menjadi anggota KPPS.

Saat memberikan masukan Budi Ruswanto menyampaikan “Selain mempertimbangkan kelancaran pencoblosan kita juga harus mempertimbangkan keamanan yang ada, jangan sampai kita berusaha semaksimal mungkin untuk kesuksesan pencoblosan tapi kita mengabaikan faktor keamanan. Bagaimanapun mereka (narapidana) mempunyai hak yang sama dengan kita semua dalam hal menentukan pilihan”, ujarnya.

Lebih lanjut Budi menerangkan, “Agar sesegera mungkin mempersiapkan sarana dan prasarana,segera bentuk Tim keamanan, dan sekaligus memetakan pegawai-pegawai di posnya masing-masing dalam meningkatkan keamanan selama pemilu berlangsung, mengingat TPSnya nanti berada di dalam Lapas serta pemilihnya adalah Warga Binaan”.

Selanjutnya, Ketua KPPS dalam hal ini pejabat struktural ajak seluruh anggotanya langsung tancap gas menuju Aula Welas Asih untuk simulasi TPS. Simulasi digelar untuk memberikan gambaran nantinya seperti apa layoutnya. dari hasil simulasi, ketiga TPS Lokasi Khusus Lapas Kediri yakni TPS 901,902 dan 903 akan ditempatkan pada satu ruangan di Aula Welas Asih Lapas Kediri.