Juli 18, 2024

PK Ahli Utama Ditjenpas Drs. Nugroho Sempat Penasaran Bagaimana Penampakan Dapur dan Klinik Lapas Kediri

Beritaterakurat.com, Kediri – PK Ahli Utama Direktorat Jenderal Pemasyarakatan sekaligus Kepala Pokja Pencegahan Saber Pungli Menkopolhukam, Drs. Nugroho, Bc.IP., M.Si, melakukan kunjungan ke Lapas Kelas IIA Kediri Kanwil Kemenkumham Jawa Timur. Selain dalam rangka Penguatan untuk seluruh pegawai yang menjadi acara utama, kunjungan ini juga bertujuan untuk memastikan bahwa warga binaan pemasyarakatan mendapatkan pelayanan kesehatan yang memadai, makanan yang layak sesuai dengan kebutuhan gizi, serta berbagai program pembinaan yang telah sesuai standar yang berlaku.

Dalam tinjauannya, Drs. Nugroho memeriksa fasilitas dan layanan kesehatan yang disediakan bagi warga binaan, karena Pelayanan kesehatan merupakan hak dasar yang harus dipenuhi. “Kita harus memastikan bahwa setiap warga binaan mendapatkan akses ke layanan kesehatan yang layak dan memadai, dan saya sangat mengapresiasi bahwa Klinik Pratama di Lapas Kediri telah berhasil memperoleh akreditasi Paripurna,” ujarnya.

Selanjutnya, Drs. Nugroho mengecek proses pengolahan makanan/fasilitas di dapur Lapas Kediri. Beliau melihat langsung bagaimana makanan disiapkan dan memastikan bahwa proses tersebut sesuai dengan standar kebersihan dan gizi yang ditetapkan. Saat berdialog dengan Plt Kalapas Kediri, Budi Ruswanto, Drs. Nugroho mencoba mendengarkan dengan seksama, “makanan yang layak dan bergizi adalah bagian penting dari kesejahteraan warga binaan kami di Lapas Kelas IIA Kediri. Kami terus berupaya memastikan bahwa setiap makanan yang disajikan memenuhi kebutuhan gizi mereka,” ungkap Budi. a5_hms

Beliau juga memberikan apresiasi atas inisiatif dan upaya yang dilakukan untuk memberikan kegiatan positif dan produktif bagi warga binaan. “seperti pramuka dan rebana sangat penting untuk membangun karakter dan memberikan keterampilan tambahan bagi warga binaan,” tambahnya.

Sebagai bagian dari komitmen untuk meningkatkan pelayanan, Drs. Nugroho juga meninjau fasilitas Ruang Laktasi dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP). Beliau menekankan pentingnya peningkatan fasilitas PTSP untuk memberikan pelayanan yang lebih cepat dan efisien kepada warga binaan dan keluarga mereka.

Kunjungan ini menunjukkan komitmen Drs. Nugroho dalam memastikan bahwa hak-hak dasar warga binaan, termasuk akses terhadap pelayanan kesehatan, makanan yang layak, dan berbagai program pembinaan, terpenuhi dengan baik. Sesuai arahan KaKanwil Kemenkumham Jawa Timur Heni Yuwono bahwa harapannya kunjungan ini dapat memberikan motivasi kepada seluruh petugas pemasyarakatan untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan mereka.