Juli 20, 2024

Percepatan Vaksinasi, Polres Ngawi Buka Gerai Vaksin di Obyek Wisata Srambang Park

Beritaterakurat.com, NGAWI – Percepatan vaksinasi diwilayah Kabupaten Ngawi terus dilakukan oleh Polres Ngawi dengan membuka gerai layanan vaksinasi. Salah satunya di Taman Wisata Srambang Park yang terletak di Desa Girimulyo, Kecamatan Jogorogo, Kabupaten Ngawi, Minggu (8/5).

Kapolres Ngawi, AKBP I Wayan Winaya, S.I.K, M.H. menjelaskan, pihaknya sengaja memilih Taman Wisata Srambang Park kerena banyak dikunjungi wisatawan dan mudah dijangkau masyarakat yang ingin mendapatkan vaksinasi Covid-19 dosis tiga (booster).

“Selain membuka layanan vaksinasi dosis tiga atau booster, kita juga melayani vaksinasi dosis pertama maupun dosis kedua bagi usia umum hingga lansia,” jelas Kapolres Ngawi AKBP I Wayan Winaya.

Lebih lanjut, Kapolres Ngawi mengatakan, pihaknya gencar melakukan percepatan vaksinasi kepada masyarakat, karena terbukti sangat efektif mencegah gejala berat dan kematian akibat Covid-19, termasuk pada varian Omicron.

Selain itu menurut AKBP Winaya, dengan vaksinasi dapat meningkatkan kekebalan tubuh artinya semakin banyak masyarakat yang divaksin dosis penuh (vaksinasi dosis 1, 2 dan 3), maka semakin sedikit penduduk yang mengalami infeksi, maka semakin besar kemungkinan bisa mengendalikan varian baru Covid-19.

Tidak hanya itu, dengan vaksinasi dapat memperkuat dan mempertahankan kekebalan tubuh, sebab antibodi dalam tubuh yang terbentuk melalui vaksin pun lambat laun bisa menurun efektivitasnya, solusinya harus ikut vaksin booster karena bertujuan untuk meningkatkan kembali kekebalan tubuh.

Yang tidak kalah pentingnya, Alumnus Akpol tahun 2001 ini menambahkan, dengan vaksinasi dapat mempercepat peralihan dari masa pandemi menuju endemi, bahwa untuk mewujudkan kemenangan melawan Covid-19 salah satu strategi yang tepat adalah pencapaian kekebalan kelompok melalui vaksinasi secara menyeluruh.

“Oleh karenanya pada masa liburan Idul Fitri tahun ini kita buka gerai vaksin booster dilokasi Taman Wisata Srambang Park,” imbuh orang nomor satu di jajaran Polres Ngawi ini

Selain melaksanakan vaksinasi, AKBP Winaya menyebut, pihaknya juga menyampaikan himbauan kepada pengunjung untuk selalu mematuhi protokol kesehatan seperti memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas.

“Semoga dengan vaksinasi dan patuh protokol kesehatan, masyarakat dapat terhindar dari penyebaran virus Covid-19 dan bisa menikmati liburan ditempat wisata Srambang tanpa ada rasa ketakutan terpapar dan harapannya herd immunity segera terbentuk,” harapannya.

Layanan gerai vaksin ini mendatangkan tenaga vaksinator dari Seksi Kedokteran dan Kesehatan (Sidokkes) Polres Ngawi dengan penanggung jawab drg. Prita Wulan Hapsari didampingi AKP Agus Maryanto selaku Koordinator gelaran percepatan vaksinasi.

“Dari hasil vaksinasi, kita dapat menjangkau 103 orang, namun hanya 95 orang yang berhasil divaksin, sedangkan 8 orang terpaksa ditunda karena alasan kesehatan, dari 95 orang yang divaksin tersebut untuk usia umum, terdiri dari dosis 1 sebanyak 2 orang dan dosis 3 (booster) sebanyak 93 orang, keseluruhan menggunakan vaksin jenis AstraZeneca sebanyak 5 vial,” jelas drg. Prita Wulan Hapsari. (Tk/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *