Juli 18, 2024

BERITA TERAKURAT . – Pertunjukan karya N Riantiarno berjudul ” Jam Dinding Yang Berdetak” di Pentas Tunggal Oleh Teater Ciliwung pada tanggal 1 – 2 februari 2024 di Gedung Teater kecil Taman Ismail Marzuki.

Jam Dinding yang berdetak menceritakan sebuah keluarga yang sederhana dan sempat kehilangan keharmonisannya, di karenakan Thomas sebagai kepala keluarga di PHK pada saat itu. Thomas mempunyai Istri bernama Marie dan kedua anak. Anak pertama mereka perempuan bernama Magda dan anak kedua cowo bernama Benny.

Disaat usia pernikahan Thomas dan Marie ke 25 th, kedua anak mereka merencanakan untuk merayakannya. Benny sudah mempersiapkan Lukisan yang indah dan Magda sudah menabung uang untuk membeli kejutan untuk ke dua orang tua mereka. Diam diam Marie pun juga menjual sesuatu yang berharga.

Jam dinding, hadiah pernikahan dari Thomas, menjadi simbol kekuatan drama ini. Dilema untuk menjualnya demi tambahan biaya hidup menunjukkan bahwa waktu itu sangat berharga dan tak terulang kembali. Yang diperankan antara lain Lurus Mardan , Yessi Kenyang, Nobuyuki Suzuki, Nafa Rizkya, Gusvari, Lefi Wilmala, dan Bagus Ade Saputra. Sekilas tentang Sanggar Teater Ciliwung didirikan tahun 1984 sebagai wadah berkesenian bagi masyarakat dari berbagai latar belakang. Sejak didirikan, mereka aktif mengikuti festival dan pertunjukan teater.

Pada akhir tahun 2023, Teater Ciliwung mengikuti Festival Teater Jakarta Selatan dengan naskah “Jam Dinding Yang Berdetak” dan meraih penghargaan Sutradara Terbaik, Aktor Terbaik, Aktris Terbaik, Artistik Terbaik, Group Terbaik pencapaian ini mengantarkan mereka ke Final Festival Teater Jakarta (FTJ) dan meraih penghargaan Aktris Terbaik dan Penata Rias Terbaik.

H.Ahmad Yusuf menjelaskan kisah ini mengingatkan kita tentang pentingnya keluarga, kebersamaan, dan menghargai waktu. Dalam situasi sulit pun, cinta dan kasih sayang keluarga dapat membantu kita melewati badai. ”kata H.Ahmad Yusuf Produser pertunjukan, Bagus Ade Saputra Sutradara pertunjukan menambahkan “Jam Dinding Yang Berdetak” adalah drama keluarga yang mengharukan dan penuh makna. Pencapaian Teater Ciliwung menunjukkan kualitas dan dedikasi mereka dalam dunia teater. Drama ini layak ditonton dan menjadi bahan refleksi bagi kita semua.” ujarnya.