April 17, 2024

Pasca Operasi Ketupat Semeru 2022, Polres Ngawi Gelar KRYD

Beritaterakurat.com, NGAWI, – Berdasarkan persetujuan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) RI, pemerintah memberikan kebijakan libur sekolah diperpanjang dan Aparatur Sipil Negara (ASN) bisa bekerja dari rumah atau Work From Home (WFH) maksimal hingga sepekan setelah puncak arus balik lebaran.

Untuk mengantisipasi arus balik dalam waktu bersamaan sehingga potensi terjadinya kemacetan dapat dihindari, Polres Ngawi intens menggelar Kegiatan Kepolisian Yang Ditingkatkan (KRYD) mulai tanggal 10 Mei 2022 hingga 17 Mei 2022 guna mengantisipasi arus balik yang diperkirakan masih terjadi hingga tanggal 16 Mei 2022 mendatang serta untuk mengantisipasi meningkatnya penyebaran Covid-19.

Hal tersebut disampaikan oleh PLT Kasihumas Polres Ngawi Iptu Supomo ketika dikonfirmasi diruang tugasnya terkait berakhirnya gelaran Operasi Kepolisian Terpusat “Ketupat Semeru 2022”, Selasa (10/5).

“Mengingat gelaran Operasi Kepolisian Terpusat “Ketupat Semeru 2022″ berakhir tanggal 9 Mei 2022 pukul 24.00 WIB, maka untuk mengantisipasi arus balik yang dimungkinkan masih terjadi pasca Idul Fitri 1443H dan libur hari raya Waisak pada hari Senin tanggal 16 Mei 2022 serta mencegah melonjaknya penyebaran Covid-19, Polres Ngawi menggelar Kegiatan Kepolisian Yang Ditingkatkan (KRYD) mulai hari ini,” ujar Iptu Supomo.

Menurut Iptu Supomo, KRYD digelar untuk memperkuat terwujudnya keamanan keselamatan ketertiban dan kelancaran arus lalulintas (Kamseltibcar lantas) di wilayah Kabupaten Ngawi, disamping upaya mencegah penyebaran Covid-19.

Dalam keterangannya, Iptu Supomo menjelaskan, beberapa Pos Pengamanan dan Pos Pelayanan yang telah didirikan untuk operasi Ketupat Semeru 2022 tetap difungsikan dalam pelaksanaan KRYD untuk memberikan kepastian dan jaminan Kamseltibcar lantas dan upaya pencegahan serta pengendalian penyebaran Covid-19.

“Kita akan lanjutkan koordinasi dan kerjasama secara sinergis dengan stakeholder terkait dalam penanganan arus balik sehingga jaminan dan kepastian Kamseltibcar lantas dapat terwujud dan potensi terjadi kemacetan dapat dihindari,” ucapnya.

Selain itu, Iptu Supomo mengatakan, Polres Ngawi juga intens mewaspadai potensi terjadinya kriminalitas di kantong parkir kendaraan rest area serta melakukan public address untuk menghimbau masyarakat agar tetap menerapkan protokol kesehatan cegah penyebaran Covid-19.

“Kita juga melakukan langkah langkah koordinasi dengan petugas Gate Tol Ngawi agar pro aktif memberdayakan petugas Card Reader yang menjemput scanning kartu E-Toll,” terang juru bicara Polres Ngawi ini.

Iptu Supomo menyebut, penugasan personil KRYD di Pos Pengamanan dan Pos Pelayanan intens melakukan patroli dan pemantauan arus lalulintas di titik titik rawan penumpukan kendaraan, sehingga tidak terjadi kemacetan melainkan arus lalulintas berjalan secara normal dan lancar.

“Tidak hanya itu, penggunaan Aplikasi PeduliLindungi dibeberapa Pos Pengamanan dan Pos Pelayanan, serta tempat wisata dan area-area publik lainnya tetap kita optimalkan, begitu juga kegiatan Patroli Motor Penegak Protokol Kesehatan guna mendisiplinkan masyarakat di area publik dalam mematuhi Prokes 5 M dan perkuat pelaksanaan 3 T sebagai upaya pencegahan transmisi Covid-19, gerai gerai layanan vaksin tetap dibuka guna memunuhi capaian target vaksinasi Covid-19,” tandasnya.

Di akhir informasinya Kasihumas Polres Ngawi menyampaikan himbauan kepada pengendara selama perjalanan balik pasca lebaran ini.

“Kami menghimbau, agar selama perjalanan balik pasca lebaran agar tidak memaksakan diri berkendara jika sudah merasa capek atau mengantuk, silahkan istirahat ditempat yang aman dan jika sudah cukup baru melanjutkan perjalanan namun tetap kosentrasi dan patuhi peraturan lalulintas,” pungkasnya. (Tk/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *