Juni 14, 2024

Maksimalkan Herd Immunity, Kapolres Ngawi Gelar Vaksinasi Di Pitu

www.beritaterakurat.com, NGAWI – Menjelang perayaan Idul Fitri 1443 Hijriyah tahun 2022, Kepolisian Resor (Polres) Ngawi terus berupaya memenuhi target percepatan vaksinasi serentak guna mencapai kekebalan komunitas (hert immunity) dengan sasaran lansia, masyarakat umum dan lanjutan (booster).

Sebagai upaya memenuhi capaian tersebut, Kapolres Ngawi AKBP I Wayan Winaya, S.I.K., M.H. menghadiri pelaksanaan Vaksinasi Serentak Indonesia dan zoom meeting dengan Kalemdiklat Polri yang digelar di Kantor Desa Pitu, Kecamatan Pitu, Kabupaten Ngawi, Jum’at (8/4).

Perkembangan vaksinasi serentak se-Indonesia tersebut dipantau langsung oleh Kalemdiklat Polri Komjen Pol. Prof. Dr. H. Rycko Amelza Dahniel, M.Si. melalui zoom meeting dari Kabupaten Purwakarta Jawa Barat yang diikuti oleh seluruh Kapolda, Kapolres dan Forkopimda Kabupaten atau Kota di seluruh Indonesia dari wilayahnya masing-masing.

“Maksud dan tujuan zoom meeting tersebut adalah untuk mensukseskan giat vaksinasi massal terhadap semua golongan umur penduduk secara serentak sehingga target nasional mencapai herd imunitty dapat tercapai. Adapun target capaian nasional adalah 70 persen Dosis 1, 100 persen Dosis 2 dan 30 persen Dosis 3 (booster),” ujar AKBP Winaya.

Untuk itu, Kapolres Ngawi AKBP I Wayan Winaya menghimbau kepada masyarakat Ngawi untuk segera memenuhi dosis vaksinasi lengkap atau booster sekurang-kurangnya 3 (tiga) minggu, khususnya sebelum menjalankan kegiatan sosial berskala besar seperti mudik lebaran menjelang perayaan Idul Fitri 1443 Hijriyah tahun 2022.

Ditemui usai menghadiri zoom meeting, AKBP Winaya menyebut, alasan pemerintah menetapkan vaksinasi booster sebagai syarat mudik tahun ini adalah demi melindungi seluruh masyarakat, terutama kelompok lansia. Menurut saya, lansia menjadi kelompok rentan terpapar Covid-19 saat Lebaran karena akan bertemu banyak kerabat,” terangnya.

Oleh karena itu, alumnus Akpol 2001 ini mengatakan, pihaknya terus berupaya semaksimal mungkin dengan berbagai cara agar target herd Immunity dapat tercapai di wilayah Kabupaten Ngawi, sehingga diharapkan pada saat mudik lebaran nanti kekebalan kelompok masyarakat terhadap paparan virus Corona semakin kuat, maka dengan demikian pemulihan ekonomi masyarakat dalam perayaan hari raya Idul Fitri juga semakin membaik.

Selanjutnya, Kapolres Ngawi AKBP I Wayan Winaya bersama Fokopimcam Kecamatan Pitu melanjutkan agenda kerjanya dengan melakukan pemantauan gelaran vaksinasi serentak Indonesia dosis 1, 2 dan 3 (booster) yang digelar di aula Kantor Desa Pitu.

“Kita bekerjasama dengan tenaga vaksinator dari Seksi Kedokteran dan Kesehatan (Sidokkes) Polres Ngawi, dengan penanggung jawab dr. Prita Wulan Hapsari. Sasaran vaksin kali ini warga Kecamatan Pitu yang belum malaksanakan vaksinasi dosis 1, 2 dan 3 (booster),” tandasnya.

Lebih lanjut AKBP Winaya menyebut, pihaknya berhasil menjangkau 87 orang warga, 73 orang berhasil divaksin, 6 orang dosis 1, 17 orang dosis 2, 20 orang booster heterolog dan 30 orang booster homolog dengan menggunakan vaksin jenis AstraZeneca. (Tk/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *