Februari 26, 2024

Jelang Mudik Lebaran, 247 Warga vaksinasi di Polsek Kwadungan

Beritaterakurat.com, NGAWI – Dalam upaya mensukseskan giat vaksinasi 1 juta vaksin booster yang terselenggara oleh Polri, PBNU, dan Kemenag RI guna mencapai kekebalan komunitas (hert immunity) menjelang perayaan Idul Fitri 1443 Hijriyah 1443 tahun 2022, Polres Ngawi menggelar Vaksinasi khusus bagi warga Nahdliyin dan masyarakat umum Kabupaten Ngawi.

Untuk itu, sebagai upaya memenuhi capaian (herd immunity) dengan sasaran lansia, masyarakat umum dan lanjutan (booster), Kapolsek Kwadungan AKP Sunaryati, S.H. didampingi Pamatwil Polres Ngawi AKP Agus Maryanto memimpin pelaksanaan vaksinasi booster serentak Indonesia bagi warga Nahdliyin dan masyarakat umum lainnya di Mako Polsek Kwadungan, Sabtu (23/4).

Gelaran vaksinasi booster serentak Indonesia tersebut dihadiri oleh Kapolsek Kwadungan AKP Sunaryati selaku tuan rumah, Pamatwil Polres Ngawi AKP Agus Maryanto, Forkopimcam Kecamatan Kwadungan, Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Kwadungan, Petugas tim vaksinator dari Seksi Kesehatan dan Kedokteran (Sidokkes) Polres Ngawi, Petugas pengamanan sekaligus pendampingan vaksin dari Polsek Kwadungan dan Koramil Kwadungan, sedangkan peserta vaksin warga Kecamatan Kwadungan.

Kapolsek Kwadungan AKP Sunaryati menjelaskan, Kegiatan 1 Juta Vaksinasi Booster Serentak Indonesia digelar atas prakarsa Kapolri bekerjasama dengan PBNU dan Kementrian Agama RI terkait kebijakan Pemerintah memberikan kelonggaran pelaksanaan mudik lebaran tahun 1443 H/2022 M dan Fatwa MUI tentang Vaksinasi di siang hari tidak membatalkan puasa.

“Mengingat Pemerintah telah mengeluarkan kebijakan dengan memberikan kelonggaran bagi masyarakat untuk mudik merayakan lebaran, oleh karena itu kita gencar melakukan vaksinasi booster karena sebagai syarat mudik tahun ini, demi melindungi seluruh masyarakat, terutama bagi kelompok lansia yang rentan terpapar Covid-19 saat lebaran karena banyak bertemu kerabatnya,” terangnya.

Lebih lanjut, AKP Sunaryati menjelaskan, kegiatan ini terselanggara atas kerjasama antara Polres, PCNU dan Kemenag Kabupaten Ngawi, dengan target vaksinasi sebanyak 1.500 dosis dengan sasaran warga Nahdliyin dan masyarakat lainnya usia minimal 18 tahun.

“Kita terus berupaya semaksimal mungkin dengan berbagai cara agar target herd Immunity di wilayah Kecamatan Kwadungan dapat tercapai, sehingga diharapkan pada saat mudik lebaran nanti kekebalan kelompok masyarakat terhadap paparan Covid-19 semakin kuat, dan pertumbuhan ekonomi semakin membaik” jelasnya.

Menurut AKP Sunaryati vaksinasi booster serentak Indonesia di Mako Polsek Kwadungan ini dilaksanakan oleh tim vaksinator dari Sidokkes Polres Ngawi dengan penanggungjawab drg. Prita Wulan Hapsari dan berhasil menjangkau 270 warga yang bersedia divaksin dari target awal 200 orang.

Perlu diketahui, vaksinasi booster serentak Indonesia di Mako Polsek Kwadungan ini menggunakan vaksin jenis AstraZeneca sebanyak 247 dosis (17 Vial). Dari 270 warga Nahdliyin yang hadir mengikuti vaksinasi, 247 orang berhasil divaksin, untuk dosis 1 sebanyak 9 orang, dosis 2 sebanyak 13 orang dan 154 orang booster heterolog (dosis 3 dengan jenis vaksin yang berbeda dengan dosis satu dan dua) serta 71 orang booster homolog (dosis 3 menggunakan jenis vaksin yang sama dengan dosis satu dan dua). Sedang 23 orang lainnya terpaksa di tunda karena alasan kesehatan. (Tk/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *