Juli 18, 2024
Sumber Gambar Istimewa

Photo | Istimewa

SINTANG, KALIMANTAN BARAT – Proyek desa mangkrak pemerintah gelontorkan anggarkan kepada pemdes tanjung mawang untuk melakukan pengerjaan jembatan gantung desa, pasalnya sampai saat ini kondisi jembatan di tanjung mawang, Kecamatan Sepauk, memprihatinkan dan belum ada pengerjaan sampai saat ini.

Bidang intelijen BAPAN Hadi menelusuri bahwa memang ada kedapatan data bahwa pertemuan antara kepala desa inisial RP dan BPD yg di fasilitasi forkopimcam di kecamatan sepauk pada hari senin 28 Agustus 2023 lalu.

Dalam penelusurannya, Membahas tentang realisasi kegiatan dalam APBDES tahun anggaran 2023 tahap 1 yang belum direalisasikan oleh kepala desa (Kades) tanjung mawang.

Bahkan di dalam anggaran tersebut, kepala desa inisial R.P sudah menerima dana dari bendahara untuk pembangunan jembatan gantung tersebut dan ternyata dari penerimaan sebesar Rp. 135 juta saudara R.P mengakui memakai untuk kepentingan pribadi Rp. 95 juta”,ungkap Hadi

Atas tindakan RP (Kades) tersebut berjanji akan mengembalikan dana anggaran pembangunan jembatannya itu paling lambat 2 minggu,

Kemudian RP berjanji jika tidak bisa mengembalikan dana itu siap di berikan sanksi dan di nonaktifkan sebagai kepala desa tanjung mawang”,Ujarnya kepada media (20/12).

Bidang Intelijen BAPAN Hadi sangat menyayangkan atas kejadian tersebut karena menurutnya sudah menghambat kemajuan desa dan pembangunan serta meminta proses infrastruktur pembangunan pemerataan transportasi tentu untuk meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar.

Selanjutnya agar tidak menyia-nyiakan anggaran negara yang telah di berikan kepada masyarakat sana karena kita harus mengedepankan pasilitas umum masyarakat setempat khusunya Desa Tanjung Mawang”tambahnya.

Jika tidak ada kejelasan juga kita siap melaporkan karena itu sudah melakukan tindak pidana korupsi anggaran desa”,Tegasnya.

Pihaknya sudah melakukan berkoordinasi kepada pemdes agar meminta kepastian dan penyelesaian nya.

Sementara itu Kadis Pemkab Sintang, Herkulanus Roni saat dimintai tanggapan atas tindakan yang di lakukan oknum kades itu merasa sangat berterima kasih kepada anggota BAPAN karena sudah memberikan informasi di lapangan.

Lanjut Roni kita tetap memutuskan sesuai peraturan dan akan kita musyawarahkan dengan pihak pihak terkait”,Jelasnya.

Hadi menambahkan, kita akan selalu mencari informasi di desa desa lainya dan kita selalu berkoordinasi kepada pemkab, Tipikor dan bupati pemkab Sintang. Terutama kepada pemdes ketika ada informasi di lapangan”,tutup Hadi Bid Inteljen BAPAN.

Atas tindakan lalai yang dilakukan oknum kades tersebut tentu menjadi perhatian publik terutama se-nusantara yang mana program yang sudah digalakkan oleh pemerintah pusat dalam pemerataan pembangunan infrastruktur harus transparan, akuntabilitas dan tepat sasaran juga dalam merealisasikan infrastruktur pembangunannya jalan dengan mutu kualitas yang terbaik.

Oleh karena itu, Lembaga selaku control sosial di seluruh pelosok Nusantara lebih ditingkatkan dalam keterbukaan informasi publik, Siapapun Yang terlibat dalam dugaan penggelapan dana APBD atau APBN pemerintah mesti ditindak lanjuti.

Editor Ysp Ismail

Sumber Berita Istimewa.

95 thoughts on “Diduga Gelapkan Dana Pembangunan Jembatan, Kades Tanjung Mawang Kec. Sepauk Berjanji Akan Kembalikan Dana Yang Sudah Terpakai Sebesar 95 Juta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *