Juli 18, 2024

Al Qur’an sebagai Penyejuk Hati Narapidana Lapas Kediri

Kediri, – Dalam rangka memperdalam Spritual Warga Binaan Pemasyarakatan Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Kediri Kanwil Kemenkumham Jatim, Warga Binaan rutin melakukan kegiatan belajar mengaji bersama untuk memperdalam ilmu agama yang dimiliki (7/2/24)

Kegiatan belajar mengaji dilakukan secara mandiri dan Warga Binaan yang memiliki kemampuan lebih di dalam membaca Al-Quran akan membantu mengajarkan Warga Binaan lain yang masih dalam tahap belajar.

Kegiatan belajar mengaji seperti ini rutin dilaksanakan setiap pagi hari oleh Warga Binaan yang beragama Muslim. Dengan dilaksanakan secara mandiri di Masjid At Taubah Lapas Kediri, kegiatan ini diikuti dengan antusias oleh Warga Binaan.

Kasubsi Bimkemaswat, Dena Anggika menjelaskan bahwa Pembinaan kepribadian bagi Warga Binaan merupakan satu hal yang penting.

“Melalui Pembinaan Kepribadian dengan memperdalam ilmu agama merupakan hal penting yang terus kami tekankan kepada Warga Binaan agar dapat berubah semakin baik lagi. Kita harap hal ini mampu mendorong terbentuknya sikap dan karakter yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa,” ucap Dena.

Plt Kalapas Kediri Budi Ruswanto menjelaskan bahwa Warga binaan yang belajar agama secara mandiri merupakan gambaran telah berjalannya program pembinaan kemandirian melalui kegiatan kerohanian di Lapas Kediri. Saling membantu dan mengajar antar sesama merupakan sikap yang terus ditanam dalam diri Warga Binaan.

“Warga Binaan yang memiliki kemampuan lebih untuk membaca Al-Quran sangat terbuka membantu rekannya yang lain untuk belajar. Tentu itu menjadi kebanggaan bagi kita, bahwa kebersamaan yang mereka bangun dalam memperdalam ilmu agama harus kita dukung. Harapan kita mereka keluar dari sini nantinya memiliki budi luhur yang baik dan menjadi pribadi yang takut akan Tuhan,” tutur Budi.

Penjelasan tersebut selaras dengan KaKanwil Kemenkumham Jawa Timur Heni Yuwono bahwa Kegiatan positif yang diberikan instansi seperti mengaji merupakan salah satu bentuk dari program Pembinaan Kepribadian.