68.134 Unit Kendaraan Arus Balik Lebaran Terpantau Pospam Mantingan Ngawi

68.134 Unit Kendaraan Arus Balik Lebaran Terpantau Pospam Mantingan Ngawi

Beritaterakurat.com, NGAWI – Peningkatan kendaraan arus balik lebaran dari Jawa Timur menuju Jawa Tengah semakin terasa, pada hari ke-enam lebaran tercatat 68.134 kendaraan melintas di Pospam Mantingan KM 36 Ngawi.

Hal tersebut disampaikan oleh PLT Kasihumas Polres Ngawi Iptu Supomo, saat menyampaikan hasil pemantauan operasi Ketupat Semeru 2022 Polres Ngawi oleh personil Pospam Mantingan pada Senin, 9 Mei 2022 pukul 08.00 WIB.

“Volume kendaraan dari Jawa Timur menuju Jawa Tengah aman lancar, meski nampak terlihat sedikit peningkatan arus kendaraan, dari Pospam Mantingan hingga pukul 08.00 WIB pagi ini tercatat 68.134 kendaraan,” ujarnya, Senin (9/5).

Menurut Iptu Supomo, Pospam Mantingan pada Operasi Kepolisian Terpusat “Ketupat Semeru 2022 Polres Ngawi” didirikan dijalur arteri diwilayah perbatasan provinsi Jawa Timur dan provinsi Jawa Tengah sangat strategis untuk memantau pergerakan arus mudik dan balik lebaran tahun ini.

“Tercatat, kendaraan yang melintasi Pospam Mantingan, terhitung sejak H+1 Idul Fitri hingga H+3 masih normal dikisaran tiga ribuan, kenaikan mulai nampak pada H+4 naik ke angka 6.193 kendaraan, pada H+5 menyentuh angka 7.980 kendaraan, lantas pada H+6 kemarin terjadi penurunan menjadi 4.673 kendaraan,” terang IPTU Supomo.

Lebih lanjut Kasihumas Polres Ngawi menambahkan, pada H+7 tanggal 9 Mei 2022 ini diprediksi volume kendaraan yang melintasi Pospam Mantingan akan kembali normal seperti biasa, dari pantauan petugas, arus balik melalui jalur arteri mulai menurun.

“Arus balik kendaraan hari Minggu kemarin didominasi kendaraan roda dua sebanyak 28.425 unit, disusul kendaraan pribadi sebanyak 27.108 unit, kemudian truk 4.084 unit, mobil barang 3.660 unit, kendaraan umum 2.939 unit, bus 1.808 unit, dan terakhir truk pengangkut BBM 109 unit,” terang Iptu Supomo.

Iptu Supomo menambahkan, sejauh ini tidak terjadi kemacetan di jalur arteri Ngawi mulai arus mudik hingga arus balik, potensi kemacetan arus kendaraan telah diantisipasi oleh Polres Ngawi dengan menurunkan Tim urai arus lalu lintas secara mobiling dan pengaturan arus lalu lintas secara selektif prioritas di titik titik tertentu yang rawan terjadi penumpukan.

“Alhamdulillah tidak ada kemacetan hingga saat ini. Meskipun tampak terjadi sedikit antrian namun tidak terjadi penumpukan kendaraan, berkat upaya rekayasa arus lalin oleh petugas, semua aman lancar,” tandasnya.

Kepada para pelaku perjalanan dalam negeri (PPDN) khususnya pemudik, Kasihumas Polres Ngawi menyampaikan himbauan kepada pengendara selama perjalanan balik lebaran ini untuk tetap menjaga kondisi badan agar tetap prima.

“Kami menghimbau, agar selama perjalanan arus balik jangan paksakan berkendara jika sudah merasa capek atau mengantuk, silahkan istirahat ditempat yang aman dan jika sudah cukup baru melanjutkan perjalanan namun tetap kosentrasi dan patuhi peraturan lalulintas,” pungkasnya. (Tk/red).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *